Translate

Rabu, 26 September 2012

CSR PT SARI HUSADA

CRS PT SARI HUSADA

PT Sari Husada, adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formula untuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional.
Produk PT Sari Husada meliputi: Gizikita Ibu Hamil, Lactamil Awal Kehamilan, Lactamil Ibu Hamil, Lactamil Ibu Menyusui, Formula Awal, Formula Lanjutan, Formula Specialitis, Gizikita Bubur Tim, Gizikita Suplemen, SGM 3, SGM 4, Vitalac 1+, VitaPlus.
Nama Perusahaan
:
PT Sari Husada
Presiden Direktur
:
Boris Bourdin
Bidang Usaha
:
Pabrik Susu dan Makanan
Ijin Usaha
:
-
Alamat
:
Cyber 2 Building, 15th floor, Jl. HR Rasuna Said Blok X-5 No 13. Telp (62-21) 29961555 (hunting). Fax ((62-21) 29961500.
Alamat Surat
:
Cyber 2 Building, 12 th floor, Jl. HR Rasuna Said Blok X-5 No 13 Jakarta 12950, Indonesia
Website
:
Email
:
Layanan Konsumen
:
0-800-1-600-600 (bebas pulsa) atau email: customerservice@sarihusada.co.id
Sejarah Perusahaan
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1954 dengan nama NV Saridele, sebagai perwujudan program kecukupan protein nasional yang diselenggarakan Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Sari Husada mengembangkan dan memproduksi susu formula SGM (1965), yang hingga kini dikenal dan banyak digunakan masyarakat luas. Berawal dari susu formula, kini produk-produk perusahaan ini berkembang dan terentang dari susu formula hingga produk makanan bergizi untuk bayi dan anak-anak.
Pada tahun 1968, perusahaan ini diakuisisi PT. Kimia Farma, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 1972, seiring dengan dibelinya sebagian sahamnya oleh PT Tiga Raksa, nama NV Saridele diubah menjadi PT Sari Husada.
Pada Tahun 1983, perusahaan ini pun masuk bursa dan saham-sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta. Pada tahun 1992, sebagian besar saham Sari Husada dimiliki PT Tiga Raksa. Untuk memperkuat kedudukannya dalam peta persaingan global, pada tahun 1998 Sari Husada beraliansi dengan Nutricia International, BV (Royal Numico). Pada tahun 2006, agar Lebih fokus dalam pengembangan usahanya, perusahaan mengajukan perubahan status dari perusahaan publik menjadi perusahaan privat.
Kemudian di tahun 2007, Danone Group mengakuisisi Royal Numico. Hingga dewasa ini, dengan pengalaman panjangnya di dalam menyediakan produk-produk bergizi tinggi, berstandar mutu internasional dan dengan harga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, Sari Husada telah membuktikan dirinya sebagai asset nasional yang sangat penting dan perlu diperhitungkan.


Nilai-nilai Perusahaan
Nilai-nilai ini adalah prinsip-prinsip dasar dan ideal yang kami berusaha untuk capai. Tidaklah mudah untuk hidup dan bekerja dengan segala keterbatasan serta berbagai kontradiksi yang mungkin timbul dari kegiatan bisnis. Namun kami tetap harus meyakini nilai-nilai itu. Hal itu memberi jalan tentang bagaimana kami bertindak setiap hari, cara kami bekerja dan berkembang bersama bisnis kami, bagaimana kami menjaga kualitas jaringan kerja, serta bagaimana kami merekrut karyawan.
HUMANISM – OPENNESS - PROXIMITY – ENTHUSIASM
Keempat nilai-nilai inti di atas terwujud dalam dasar tingkah laku yang memungkinkan kami mewujudkannya dalam pekerjaan kami.
Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance)
Komitmen Sari Husada pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) diwujudkan dalam penerapan nilai-nilai budaya Perseroan pada setiap tingkat operasional. Kebijakan-kebijakan yang mendukung pengelolaan Perseroan secara lebih profesional dan bertanggung-jawab dikembangkan Sari Husada dengan memastikan kepatuhan sepenuhnya terhadap ketentuan hukum dan etika kerja yang berlaku dengan lebih baik.
Sari Husada memiliki tiga kode etik, yaitu:
1.             Kode Etik Perilaku Sari Husada, yang berisi komitmen kuat Sari Husada akan kepercayaan, transparansi, kerjasama, tata kelola penyelenggaraan usaha, ketaatan dengan peraturan perundang-undangan, keterlibatan para stakeholder, keamanan makanan dan kepentingan konsumen, informasi produk dan pemasaran, bioteknologi, perlingkungan lingkungan, ketenagakerjaan, hak asasi manusia, kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan, integritas usaha, kebijaksanaan pelaksanaan usaha, keterlibatan politik, persaingan secara jujur, dan rantai pasokan. Sari Husada juga mempromosikan secara aktif Kode Etik Perilaku dengan seluruh mitra usaha, para kontraktor, para pemasok, dan para klien.
2.             Kebijakan Kewaspadaan Karyawan, untuk membantu para karyawan menjaga dan melestarikan etika kerja dengan melaporkan kepada manajemen mengenai setiap pelanggaran atau kecurigaan pelanggaran atas hukum atau kebijakan dan peraturan perusahaan, yang khususnya berhubungan dengan pelanggaran pidana; pelanggaran kode etik; bahaya terhadap kesehatan umum, keselamatan kerja dan lingkungan; pemberian keterangan palsu; menahan, memusnahkan atau memanipulasi secara sengaja informasi terkait dengan pelanggaran; pembukuan, pengendalian pembukuan internal atau tata cara audit yang layak dipertanyakan.
3.             Kebijakan Penyelenggaraan Usaha, yang menjelaskan prinsip-prinsip dalam menjalankan usaha, terkait dengan benturan kepentingan, suap dan pembayaran yang tidak lazim, serta undang-undang mengenai fiskal, perdagangan dan anti-pencucian uang.


Transparansi: Transparansi adalah prinsip dasar kebijakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) dari Sari Husada. Hal ini berarti Sari Husada selalu berupaya transparan dalam melakukan usahanya dan mendukung dialog terbuka dengan seluruh stakeholder. Sari Husada berupaya memberikan informasi secara lengkap dan tepat waktu berkaitan dengan kebijakan perusahaan, kegiatan, dan produk, dengan mengutamakan pendekatan proaktif.
Tata Kelola Penyelenggaran Usaha: Sari Husada memiliki komitmen tinggi untuk menjalankan usaha secara terbuka dan trasparan berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan internal, sistem pengendalian, dan proses pengambilan keputusan. Karena itulah, Sari Husada menganut dan menerapkan Pedoman Tata Kelola Penyelenggaraan Usaha di Indonesia.

Ketaatan dengan Peraturan Perundang-undangan: Sari Husada wajib memenuhi semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Persaingan Secara Jujur: Sari Husada berupaya menjadi pemimpin pasar dan mencapainya secara jujur dan kompetitif sesuai dengan prinsip-prinsip persaingan adil dan mematuhi semua peraturan yang berlaku.
Manajemen & Direksi
Dewan Komisaris
Pascal Yves de Petrini
:
President Commissioner
Martin Heinrich Holscher
:
Commissioner
David Stanley Algar
:
Commissioner
Budi Satria Isman
:
Commissioner
Direksi
Boris Bourdin
:
President Director
Rahmat Suhappy
:
Operation Director
Muhammad Agus Samsuddin
:
Human Resource Director
Ahmad Hamdani
:
Medical Director
Anastasia Sutadji
:
Marketing Director
Sybren Aaij
:
Finance Director
Yeni Fatmawati
:
Legal and Corporate Affairs Director
Bambang Setiawan
:
Supply Chain Director
Eddy Kemenady
:
Research and Development Director
Corine Tap
:
Sales Director
Juan Carlos Martinez
:
SSD Director
Catatan: Profil Usaha ini dibuat oleh Tim Mitrasites, bukan atas usulan PT Sari Husada. Jika Pihak PT Sari Husada berkeberatan dengan dicantumkannya profil usaha ini, kami akan menghapus dari halaman web kami.
Sumber Yang Direkomendasikan
Berikut ini beberapa sumber informasi yang terkait dengan sari husada. Informasi tersebut di seleksi secara hati-hati berdasarkan kriteria yang ketat:
PT Sari Husada adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formula untuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional.
http://www.sarihusada.co.id/

Dari waktu ke waktu, PT Sari Husada membuka kesempatan kerja bagi calon karyawan berpotensi untuk mengisi berbagai posisi di perusahaan sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan.
http://www.sarihusada.co.id/karir/lowongan
Pusat Riset Inovasi Nutrisi SGM merupakan integrasi aktivitas Riset dan Pengembangan, Sentra Laboratorium dan Proses Produksi susu SGM-3 dan SGM-4 yang menerapkan sistem kendali mutu yang ketat setara industri farmasi. Pusat riset ini berlokasi di pabrik PT Sari Husada, Kemudo, Prambanan, Klaten. Selain menerapkan metode riset dan pengembangan produk yang terintegrasi dan memiliki jaringan dengan Danone Research Center di Wageningen, Netherland, Pusat Riset Inovasi & Nutrisi SGM didukung oleh ahli nutrisi, teknologi pangan dan mikrobiologi dari IPB dan Universitas Gadjah Mada. Sementara kegiatan pusat laboratoriumnya telah mendapatkan sertifikasi ISO 17025 dan secara berkala dimonitor oleh CentralLaboratories Friederichsdorf, Jerman.

CSR adalah bagian inti bisnis Sari Husada. Oleh karena itu CSR dimasukkan dalam rencana strategik perusahaan. CSR bukan sekedar kepedulian kepada lingkungan dan isu sosial, namun bagaimana perusahaan berperilaku. Sari Husada mempraktekkan tanggung jawab sosial dalam setiap langkah bisnisnya, mulai dari perolehan bahan baku, proses produksi, sampai distribusi produk. Semua stakeholder menjadi pusatperhatian dan kepedulian Sari Husada.
http://www.sarihusada.co.id/tanggungjawabsosialperusahaan

Sari Husada juga memberikan Program Beasiswa secara bulanan kepada 2000 murid Sekolah Dasar yang berlokasi di Yogyakarta dan Klaten.
http://www.sarihusada.co.id/tanggungjawabsosialperusahaan/baca/19
Sejalan dengan kepedulian Sari Husada terhadap kualitas produk susu yang dihasilkan, maka dilakukan upaya pemberdayaan dan pengembangan kapasitas sekitar 12.154 peternak sapi perahan yang berlokasi di sekitar wilayah pabrik Sari Husada di Yogyakarta dan Klaten. Sari Husada menyerap 50% dari total produksi sus segar yang dihasilkan para peternak tersebut. Kegiatan ini menjalin kemitraan dengan Departemen Koperasi dan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada.
http://www.sarihusada.co.id/tanggungjawabsosialperusahaan/pemberdayaanmasyarakat
Bekerjasama dengan PKPU, Sari Husada mengadakan program peningkatan kualitas kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pemeliharaan dan perbaikan status gizi balita, peningkatan pengetahuan ibu tentang permasalahan gizi dan kesehatan serta pemberdayaan kader lokal. Pada tahun 2008 lalu terdapat Balita Terbina secara Intensif sebanyak 412 anak dari 5 desa di Klaten, yaitu Desa Kebon Dalem Kidul, Desa Tambakan, Desa Randusari, Desa Ngemplak Seneng dan Desa Rejoso.

CRS PT SARI HUSADA

PT Sari Husada, adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formula untuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional.
Produk PT Sari Husada meliputi: Gizikita Ibu Hamil, Lactamil Awal Kehamilan, Lactamil Ibu Hamil, Lactamil Ibu Menyusui, Formula Awal, Formula Lanjutan, Formula Specialitis, Gizikita Bubur Tim, Gizikita Suplemen, SGM 3, SGM 4, Vitalac 1+, VitaPlus.
Nama Perusahaan
:
PT Sari Husada
Presiden Direktur
:
Boris Bourdin
Bidang Usaha
:
Pabrik Susu dan Makanan
Ijin Usaha
:
-
Alamat
:
Cyber 2 Building, 15th floor, Jl. HR Rasuna Said Blok X-5 No 13. Telp (62-21) 29961555 (hunting). Fax ((62-21) 29961500.
Alamat Surat
:
Cyber 2 Building, 12 th floor, Jl. HR Rasuna Said Blok X-5 No 13 Jakarta 12950, Indonesia
Website
:
Email
:
Layanan Konsumen
:
0-800-1-600-600 (bebas pulsa) atau email: customerservice@sarihusada.co.id
Sejarah Perusahaan
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1954 dengan nama NV Saridele, sebagai perwujudan program kecukupan protein nasional yang diselenggarakan Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Sari Husada mengembangkan dan memproduksi susu formula SGM (1965), yang hingga kini dikenal dan banyak digunakan masyarakat luas. Berawal dari susu formula, kini produk-produk perusahaan ini berkembang dan terentang dari susu formula hingga produk makanan bergizi untuk bayi dan anak-anak.
Pada tahun 1968, perusahaan ini diakuisisi PT. Kimia Farma, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 1972, seiring dengan dibelinya sebagian sahamnya oleh PT Tiga Raksa, nama NV Saridele diubah menjadi PT Sari Husada.
Pada Tahun 1983, perusahaan ini pun masuk bursa dan saham-sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta. Pada tahun 1992, sebagian besar saham Sari Husada dimiliki PT Tiga Raksa. Untuk memperkuat kedudukannya dalam peta persaingan global, pada tahun 1998 Sari Husada beraliansi dengan Nutricia International, BV (Royal Numico). Pada tahun 2006, agar Lebih fokus dalam pengembangan usahanya, perusahaan mengajukan perubahan status dari perusahaan publik menjadi perusahaan privat.
Kemudian di tahun 2007, Danone Group mengakuisisi Royal Numico. Hingga dewasa ini, dengan pengalaman panjangnya di dalam menyediakan produk-produk bergizi tinggi, berstandar mutu internasional dan dengan harga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, Sari Husada telah membuktikan dirinya sebagai asset nasional yang sangat penting dan perlu diperhitungkan.


Nilai-nilai Perusahaan
Nilai-nilai ini adalah prinsip-prinsip dasar dan ideal yang kami berusaha untuk capai. Tidaklah mudah untuk hidup dan bekerja dengan segala keterbatasan serta berbagai kontradiksi yang mungkin timbul dari kegiatan bisnis. Namun kami tetap harus meyakini nilai-nilai itu. Hal itu memberi jalan tentang bagaimana kami bertindak setiap hari, cara kami bekerja dan berkembang bersama bisnis kami, bagaimana kami menjaga kualitas jaringan kerja, serta bagaimana kami merekrut karyawan.
HUMANISM – OPENNESS - PROXIMITY – ENTHUSIASM
Keempat nilai-nilai inti di atas terwujud dalam dasar tingkah laku yang memungkinkan kami mewujudkannya dalam pekerjaan kami.
Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance)
Komitmen Sari Husada pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) diwujudkan dalam penerapan nilai-nilai budaya Perseroan pada setiap tingkat operasional. Kebijakan-kebijakan yang mendukung pengelolaan Perseroan secara lebih profesional dan bertanggung-jawab dikembangkan Sari Husada dengan memastikan kepatuhan sepenuhnya terhadap ketentuan hukum dan etika kerja yang berlaku dengan lebih baik.
Sari Husada memiliki tiga kode etik, yaitu:
1.             Kode Etik Perilaku Sari Husada, yang berisi komitmen kuat Sari Husada akan kepercayaan, transparansi, kerjasama, tata kelola penyelenggaraan usaha, ketaatan dengan peraturan perundang-undangan, keterlibatan para stakeholder, keamanan makanan dan kepentingan konsumen, informasi produk dan pemasaran, bioteknologi, perlingkungan lingkungan, ketenagakerjaan, hak asasi manusia, kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan, integritas usaha, kebijaksanaan pelaksanaan usaha, keterlibatan politik, persaingan secara jujur, dan rantai pasokan. Sari Husada juga mempromosikan secara aktif Kode Etik Perilaku dengan seluruh mitra usaha, para kontraktor, para pemasok, dan para klien.
2.             Kebijakan Kewaspadaan Karyawan, untuk membantu para karyawan menjaga dan melestarikan etika kerja dengan melaporkan kepada manajemen mengenai setiap pelanggaran atau kecurigaan pelanggaran atas hukum atau kebijakan dan peraturan perusahaan, yang khususnya berhubungan dengan pelanggaran pidana; pelanggaran kode etik; bahaya terhadap kesehatan umum, keselamatan kerja dan lingkungan; pemberian keterangan palsu; menahan, memusnahkan atau memanipulasi secara sengaja informasi terkait dengan pelanggaran; pembukuan, pengendalian pembukuan internal atau tata cara audit yang layak dipertanyakan.
3.             Kebijakan Penyelenggaraan Usaha, yang menjelaskan prinsip-prinsip dalam menjalankan usaha, terkait dengan benturan kepentingan, suap dan pembayaran yang tidak lazim, serta undang-undang mengenai fiskal, perdagangan dan anti-pencucian uang.


Transparansi: Transparansi adalah prinsip dasar kebijakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) dari Sari Husada. Hal ini berarti Sari Husada selalu berupaya transparan dalam melakukan usahanya dan mendukung dialog terbuka dengan seluruh stakeholder. Sari Husada berupaya memberikan informasi secara lengkap dan tepat waktu berkaitan dengan kebijakan perusahaan, kegiatan, dan produk, dengan mengutamakan pendekatan proaktif.
Tata Kelola Penyelenggaran Usaha: Sari Husada memiliki komitmen tinggi untuk menjalankan usaha secara terbuka dan trasparan berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan internal, sistem pengendalian, dan proses pengambilan keputusan. Karena itulah, Sari Husada menganut dan menerapkan Pedoman Tata Kelola Penyelenggaraan Usaha di Indonesia.

Ketaatan dengan Peraturan Perundang-undangan: Sari Husada wajib memenuhi semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Persaingan Secara Jujur: Sari Husada berupaya menjadi pemimpin pasar dan mencapainya secara jujur dan kompetitif sesuai dengan prinsip-prinsip persaingan adil dan mematuhi semua peraturan yang berlaku.
Manajemen & Direksi
Dewan Komisaris
Pascal Yves de Petrini
:
President Commissioner
Martin Heinrich Holscher
:
Commissioner
David Stanley Algar
:
Commissioner
Budi Satria Isman
:
Commissioner
Direksi
Boris Bourdin
:
President Director
Rahmat Suhappy
:
Operation Director
Muhammad Agus Samsuddin
:
Human Resource Director
Ahmad Hamdani
:
Medical Director
Anastasia Sutadji
:
Marketing Director
Sybren Aaij
:
Finance Director
Yeni Fatmawati
:
Legal and Corporate Affairs Director
Bambang Setiawan
:
Supply Chain Director
Eddy Kemenady
:
Research and Development Director
Corine Tap
:
Sales Director
Juan Carlos Martinez
:
SSD Director
Catatan: Profil Usaha ini dibuat oleh Tim Mitrasites, bukan atas usulan PT Sari Husada. Jika Pihak PT Sari Husada berkeberatan dengan dicantumkannya profil usaha ini, kami akan menghapus dari halaman web kami.
Sumber Yang Direkomendasikan
Berikut ini beberapa sumber informasi yang terkait dengan sari husada. Informasi tersebut di seleksi secara hati-hati berdasarkan kriteria yang ketat:
PT Sari Husada adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formula untuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional.
http://www.sarihusada.co.id/

Dari waktu ke waktu, PT Sari Husada membuka kesempatan kerja bagi calon karyawan berpotensi untuk mengisi berbagai posisi di perusahaan sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan.
http://www.sarihusada.co.id/karir/lowongan
Pusat Riset Inovasi Nutrisi SGM merupakan integrasi aktivitas Riset dan Pengembangan, Sentra Laboratorium dan Proses Produksi susu SGM-3 dan SGM-4 yang menerapkan sistem kendali mutu yang ketat setara industri farmasi. Pusat riset ini berlokasi di pabrik PT Sari Husada, Kemudo, Prambanan, Klaten. Selain menerapkan metode riset dan pengembangan produk yang terintegrasi dan memiliki jaringan dengan Danone Research Center di Wageningen, Netherland, Pusat Riset Inovasi & Nutrisi SGM didukung oleh ahli nutrisi, teknologi pangan dan mikrobiologi dari IPB dan Universitas Gadjah Mada. Sementara kegiatan pusat laboratoriumnya telah mendapatkan sertifikasi ISO 17025 dan secara berkala dimonitor oleh CentralLaboratories Friederichsdorf, Jerman.

CSR adalah bagian inti bisnis Sari Husada. Oleh karena itu CSR dimasukkan dalam rencana strategik perusahaan. CSR bukan sekedar kepedulian kepada lingkungan dan isu sosial, namun bagaimana perusahaan berperilaku. Sari Husada mempraktekkan tanggung jawab sosial dalam setiap langkah bisnisnya, mulai dari perolehan bahan baku, proses produksi, sampai distribusi produk. Semua stakeholder menjadi pusatperhatian dan kepedulian Sari Husada.
http://www.sarihusada.co.id/tanggungjawabsosialperusahaan

Sari Husada juga memberikan Program Beasiswa secara bulanan kepada 2000 murid Sekolah Dasar yang berlokasi di Yogyakarta dan Klaten.
http://www.sarihusada.co.id/tanggungjawabsosialperusahaan/baca/19
Sejalan dengan kepedulian Sari Husada terhadap kualitas produk susu yang dihasilkan, maka dilakukan upaya pemberdayaan dan pengembangan kapasitas sekitar 12.154 peternak sapi perahan yang berlokasi di sekitar wilayah pabrik Sari Husada di Yogyakarta dan Klaten. Sari Husada menyerap 50% dari total produksi sus segar yang dihasilkan para peternak tersebut. Kegiatan ini menjalin kemitraan dengan Departemen Koperasi dan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada.
http://www.sarihusada.co.id/tanggungjawabsosialperusahaan/pemberdayaanmasyarakat
Bekerjasama dengan PKPU, Sari Husada mengadakan program peningkatan kualitas kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pemeliharaan dan perbaikan status gizi balita, peningkatan pengetahuan ibu tentang permasalahan gizi dan kesehatan serta pemberdayaan kader lokal. Pada tahun 2008 lalu terdapat Balita Terbina secara Intensif sebanyak 412 anak dari 5 desa di Klaten, yaitu Desa Kebon Dalem Kidul, Desa Tambakan, Desa Randusari, Desa Ngemplak Seneng dan Desa Rejoso.

CRS PT SARI HUSADA

PT Sari Husada, adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formula untuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional.
Produk PT Sari Husada meliputi: Gizikita Ibu Hamil, Lactamil Awal Kehamilan, Lactamil Ibu Hamil, Lactamil Ibu Menyusui, Formula Awal, Formula Lanjutan, Formula Specialitis, Gizikita Bubur Tim, Gizikita Suplemen, SGM 3, SGM 4, Vitalac 1+, VitaPlus.
Nama Perusahaan
:
PT Sari Husada
Presiden Direktur
:
Boris Bourdin
Bidang Usaha
:
Pabrik Susu dan Makanan
Ijin Usaha
:
-
Alamat
:
Cyber 2 Building, 15th floor, Jl. HR Rasuna Said Blok X-5 No 13. Telp (62-21) 29961555 (hunting). Fax ((62-21) 29961500.
Alamat Surat
:
Cyber 2 Building, 12 th floor, Jl. HR Rasuna Said Blok X-5 No 13 Jakarta 12950, Indonesia
Website
:
Email
:
Layanan Konsumen
:
0-800-1-600-600 (bebas pulsa) atau email: customerservice@sarihusada.co.id
Sejarah Perusahaan
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1954 dengan nama NV Saridele, sebagai perwujudan program kecukupan protein nasional yang diselenggarakan Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Sari Husada mengembangkan dan memproduksi susu formula SGM (1965), yang hingga kini dikenal dan banyak digunakan masyarakat luas. Berawal dari susu formula, kini produk-produk perusahaan ini berkembang dan terentang dari susu formula hingga produk makanan bergizi untuk bayi dan anak-anak.
Pada tahun 1968, perusahaan ini diakuisisi PT. Kimia Farma, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 1972, seiring dengan dibelinya sebagian sahamnya oleh PT Tiga Raksa, nama NV Saridele diubah menjadi PT Sari Husada.
Pada Tahun 1983, perusahaan ini pun masuk bursa dan saham-sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta. Pada tahun 1992, sebagian besar saham Sari Husada dimiliki PT Tiga Raksa. Untuk memperkuat kedudukannya dalam peta persaingan global, pada tahun 1998 Sari Husada beraliansi dengan Nutricia International, BV (Royal Numico). Pada tahun 2006, agar Lebih fokus dalam pengembangan usahanya, perusahaan mengajukan perubahan status dari perusahaan publik menjadi perusahaan privat.
Kemudian di tahun 2007, Danone Group mengakuisisi Royal Numico. Hingga dewasa ini, dengan pengalaman panjangnya di dalam menyediakan produk-produk bergizi tinggi, berstandar mutu internasional dan dengan harga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, Sari Husada telah membuktikan dirinya sebagai asset nasional yang sangat penting dan perlu diperhitungkan.


Nilai-nilai Perusahaan
Nilai-nilai ini adalah prinsip-prinsip dasar dan ideal yang kami berusaha untuk capai. Tidaklah mudah untuk hidup dan bekerja dengan segala keterbatasan serta berbagai kontradiksi yang mungkin timbul dari kegiatan bisnis. Namun kami tetap harus meyakini nilai-nilai itu. Hal itu memberi jalan tentang bagaimana kami bertindak setiap hari, cara kami bekerja dan berkembang bersama bisnis kami, bagaimana kami menjaga kualitas jaringan kerja, serta bagaimana kami merekrut karyawan.
HUMANISM – OPENNESS - PROXIMITY – ENTHUSIASM
Keempat nilai-nilai inti di atas terwujud dalam dasar tingkah laku yang memungkinkan kami mewujudkannya dalam pekerjaan kami.
Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance)
Komitmen Sari Husada pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) diwujudkan dalam penerapan nilai-nilai budaya Perseroan pada setiap tingkat operasional. Kebijakan-kebijakan yang mendukung pengelolaan Perseroan secara lebih profesional dan bertanggung-jawab dikembangkan Sari Husada dengan memastikan kepatuhan sepenuhnya terhadap ketentuan hukum dan etika kerja yang berlaku dengan lebih baik.
Sari Husada memiliki tiga kode etik, yaitu:
1.             Kode Etik Perilaku Sari Husada, yang berisi komitmen kuat Sari Husada akan kepercayaan, transparansi, kerjasama, tata kelola penyelenggaraan usaha, ketaatan dengan peraturan perundang-undangan, keterlibatan para stakeholder, keamanan makanan dan kepentingan konsumen, informasi produk dan pemasaran, bioteknologi, perlingkungan lingkungan, ketenagakerjaan, hak asasi manusia, kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan, integritas usaha, kebijaksanaan pelaksanaan usaha, keterlibatan politik, persaingan secara jujur, dan rantai pasokan. Sari Husada juga mempromosikan secara aktif Kode Etik Perilaku dengan seluruh mitra usaha, para kontraktor, para pemasok, dan para klien.
2.             Kebijakan Kewaspadaan Karyawan, untuk membantu para karyawan menjaga dan melestarikan etika kerja dengan melaporkan kepada manajemen mengenai setiap pelanggaran atau kecurigaan pelanggaran atas hukum atau kebijakan dan peraturan perusahaan, yang khususnya berhubungan dengan pelanggaran pidana; pelanggaran kode etik; bahaya terhadap kesehatan umum, keselamatan kerja dan lingkungan; pemberian keterangan palsu; menahan, memusnahkan atau memanipulasi secara sengaja informasi terkait dengan pelanggaran; pembukuan, pengendalian pembukuan internal atau tata cara audit yang layak dipertanyakan.
3.             Kebijakan Penyelenggaraan Usaha, yang menjelaskan prinsip-prinsip dalam menjalankan usaha, terkait dengan benturan kepentingan, suap dan pembayaran yang tidak lazim, serta undang-undang mengenai fiskal, perdagangan dan anti-pencucian uang.


Transparansi: Transparansi adalah prinsip dasar kebijakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) dari Sari Husada. Hal ini berarti Sari Husada selalu berupaya transparan dalam melakukan usahanya dan mendukung dialog terbuka dengan seluruh stakeholder. Sari Husada berupaya memberikan informasi secara lengkap dan tepat waktu berkaitan dengan kebijakan perusahaan, kegiatan, dan produk, dengan mengutamakan pendekatan proaktif.
Tata Kelola Penyelenggaran Usaha: Sari Husada memiliki komitmen tinggi untuk menjalankan usaha secara terbuka dan trasparan berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan internal, sistem pengendalian, dan proses pengambilan keputusan. Karena itulah, Sari Husada menganut dan menerapkan Pedoman Tata Kelola Penyelenggaraan Usaha di Indonesia.

Ketaatan dengan Peraturan Perundang-undangan: Sari Husada wajib memenuhi semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Persaingan Secara Jujur: Sari Husada berupaya menjadi pemimpin pasar dan mencapainya secara jujur dan kompetitif sesuai dengan prinsip-prinsip persaingan adil dan mematuhi semua peraturan yang berlaku.
Manajemen & Direksi
Dewan Komisaris
Pascal Yves de Petrini
:
President Commissioner
Martin Heinrich Holscher
:
Commissioner
David Stanley Algar
:
Commissioner
Budi Satria Isman
:
Commissioner
Direksi
Boris Bourdin
:
President Director
Rahmat Suhappy
:
Operation Director
Muhammad Agus Samsuddin
:
Human Resource Director
Ahmad Hamdani
:
Medical Director
Anastasia Sutadji
:
Marketing Director
Sybren Aaij
:
Finance Director
Yeni Fatmawati
:
Legal and Corporate Affairs Director
Bambang Setiawan
:
Supply Chain Director
Eddy Kemenady
:
Research and Development Director
Corine Tap
:
Sales Director
Juan Carlos Martinez
:
SSD Director
Catatan: Profil Usaha ini dibuat oleh Tim Mitrasites, bukan atas usulan PT Sari Husada. Jika Pihak PT Sari Husada berkeberatan dengan dicantumkannya profil usaha ini, kami akan menghapus dari halaman web kami.
Sumber Yang Direkomendasikan
Berikut ini beberapa sumber informasi yang terkait dengan sari husada. Informasi tersebut di seleksi secara hati-hati berdasarkan kriteria yang ketat:
PT Sari Husada adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formula untuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional.
http://www.sarihusada.co.id/

Dari waktu ke waktu, PT Sari Husada membuka kesempatan kerja bagi calon karyawan berpotensi untuk mengisi berbagai posisi di perusahaan sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan.
http://www.sarihusada.co.id/karir/lowongan
Pusat Riset Inovasi Nutrisi SGM merupakan integrasi aktivitas Riset dan Pengembangan, Sentra Laboratorium dan Proses Produksi susu SGM-3 dan SGM-4 yang menerapkan sistem kendali mutu yang ketat setara industri farmasi. Pusat riset ini berlokasi di pabrik PT Sari Husada, Kemudo, Prambanan, Klaten. Selain menerapkan metode riset dan pengembangan produk yang terintegrasi dan memiliki jaringan dengan Danone Research Center di Wageningen, Netherland, Pusat Riset Inovasi & Nutrisi SGM didukung oleh ahli nutrisi, teknologi pangan dan mikrobiologi dari IPB dan Universitas Gadjah Mada. Sementara kegiatan pusat laboratoriumnya telah mendapatkan sertifikasi ISO 17025 dan secara berkala dimonitor oleh CentralLaboratories Friederichsdorf, Jerman.

CSR adalah bagian inti bisnis Sari Husada. Oleh karena itu CSR dimasukkan dalam rencana strategik perusahaan. CSR bukan sekedar kepedulian kepada lingkungan dan isu sosial, namun bagaimana perusahaan berperilaku. Sari Husada mempraktekkan tanggung jawab sosial dalam setiap langkah bisnisnya, mulai dari perolehan bahan baku, proses produksi, sampai distribusi produk. Semua stakeholder menjadi pusatperhatian dan kepedulian Sari Husada.
http://www.sarihusada.co.id/tanggungjawabsosialperusahaan

Sari Husada juga memberikan Program Beasiswa secara bulanan kepada 2000 murid Sekolah Dasar yang berlokasi di Yogyakarta dan Klaten.
http://www.sarihusada.co.id/tanggungjawabsosialperusahaan/baca/19
Sejalan dengan kepedulian Sari Husada terhadap kualitas produk susu yang dihasilkan, maka dilakukan upaya pemberdayaan dan pengembangan kapasitas sekitar 12.154 peternak sapi perahan yang berlokasi di sekitar wilayah pabrik Sari Husada di Yogyakarta dan Klaten. Sari Husada menyerap 50% dari total produksi sus segar yang dihasilkan para peternak tersebut. Kegiatan ini menjalin kemitraan dengan Departemen Koperasi dan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada.
http://www.sarihusada.co.id/tanggungjawabsosialperusahaan/pemberdayaanmasyarakat
Bekerjasama dengan PKPU, Sari Husada mengadakan program peningkatan kualitas kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pemeliharaan dan perbaikan status gizi balita, peningkatan pengetahuan ibu tentang permasalahan gizi dan kesehatan serta pemberdayaan kader lokal. Pada tahun 2008 lalu terdapat Balita Terbina secara Intensif sebanyak 412 anak dari 5 desa di Klaten, yaitu Desa Kebon Dalem Kidul, Desa Tambakan, Desa Randusari, Desa Ngemplak Seneng dan Desa Rejoso.
http://www.sarihusada.co.id/tanggungjawabsosialperusahaan/kesehatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar